Selamat Datang di emakalah.com

Semoga Anda dapat menemukan apa yang anda cari,

dan semoga emakalah.com dapat bermanfaat bagi Anda

Untuk keluar dari menu/halaman ini silahkan klik LIKE / SUKA

..

Hakikat Belajar dan Pembelajaran | Teori Belajar dan Pembelajaran

Hakikat Belajar dan Pembelajaran
Prof. Dr. Udin S.Winataputra, M.A.

PENDAHULUAN
Salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru, sebagai salah satu unsur pendidik, agar mampu melaksanakan tugas profesionalnya adalah memahami bagaimana peserta didik belajar dan bagairnana mengorganisasikan proses . pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak peserta didik, serta memahami tentang bagaimana siswa belajar. Untuk dapat memahami proses belajar yang teijadi pada diri siswa, guru perlu menguasai hakikat dan konsep dasar belajar. Dengan menguasai hakikat dan konsep dasar tentang belajar diharapkan guru mampu menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran, karena fungsi utama pembelajaran adalah memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya belajar dalam diri peserta didik.
Istilah pembelajaran sudah mulai dikenal luas dalam masyarakat, lebih¬lebih setelah diundangkannya Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang secara legal formal memberi pengertian tentang pembelajaran. Dalam Pasal 1 butir 20 pembelajaran diartikan sebagai "... proses interaksi peserta didik den-an pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar". Pembelajaran sebagai suatu konsep pedagogik secara teknis dapat diartikan sebagai upaya sistematik dan sistemik untuk menciptakan lingkungan belajar yang potensial menghasilkan proses belajar yang bermuara pada berkembangnya potensi individu sebagai peserta didik.
Dari pengertian tersebut tampak bahwa antara belajar dan pernbelajaran satu sama lain memiliki keterkaitan substantif dan fungsional. Keterkaitan substantif belajar dan pembelajaran terletak pada simpul terjadinya perubahan perilaku dalam diri individu. Keterkaitan fungsional pembelajaran dengan belajar adalah bahwa pembelajaran sengaja dilakukan untuk menghasilkan belajar atau dengan kata lain belajar merupakan parameter pembelajaran. Walaupun demikian perlu diingat bahwa tidak semua proses belajar merupakan konsekuensi dari pembelujaran. Misalnya, seseorang berubah perilakunya yang cenderung ceroboh dalam menyeberang jalan raya setelah secara kebetulan ia melihat ada orang lain yang menyeberang, tertabrak sepeda motor "karena ketidakhati-hatiannya. Oleh karena itu, dapat pula dikatakan bahwa akuntabilitas belajar bersifat internal-individual, sedangkan akuntabilitas pembelajaran bersifat publik.
Modul ini merupakan bagian dari mata kuliah Belajar dan Pembelajaran yang secara khusus membahas Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Secara konseptual modul ini dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa agar mampu menganalisis karakteristik konseptual Belajar dan Pembelajaran beserta implikasinya terhadap kebijakan pendidikan yang terkait pada proses pembelajaran. Secara umum setelah mempelajari modul ini Anda diharapkan mampu mencanalisis karakteristik konseptual dan penerapan konsep belajar dan pembelajaran secara komprehensif. Secara khusus setelah mempelajari modul ini Anda diharapkan mampu:
1. menjelaskan pengertian belajar;
2. mengidentifikasi ciri-ciri belajar;
3. menjelaskan jenis-jenis befajar;
4. menjelaskan pengertian pembelajaran;
5. menjelaskan pola dasar pembelajaran;
6. menjelaskan berbagai paradigma baru dalam pembelajaran.

Untuk memfasilitasi Anda dalam upaya mencapai tujuan khusus tersebut, dalam modul ini akan dibahas:
1. Apa dan Bagaimana Belajar?
2. Apa dan Bagaimana Pembelajaran?

Dalam mempelajari modul ini Anda akan diajak untuk menjelajahi berbagai sisi dari pemikiran pakar-pakar terkait tentang konsep Belajar dan Pembelajaran. Secara proporsional penjelajahan terhadap pemikiran tersebut akan mencakup pembahasan tentang: Apa konsep belajnr? Bagainuma peristiwa belajnr terjadi? Bagaimana Belajar- diteorikan? Apa Konsep Pentbelajaran? Bagaimana Peristiwa Pembelajaran dirancang dan dikembangkan? Selanjutnya Anda diminta untuk mengkaji secara kritis dan kreatif implikasi operasional dari konsep belajar dan pembelajaran terhadap kebijakan implementasi pembelajaran di sekolah.
Untuk itu Anda diharapkan mengikuti petunjuk belajar sebagai berikut.
1. Bacalah bagian Uraian dan Contoh dari setiap Kegiatan Belajar dengan cermat sampai Anda dapat menangkap makna dari berbagai sisi teori belajar dan pernbelajaran.
2. Kerjakan Latihan dengan baik dan penuh kesungguhan sampai Anda "memperoleh pengertian yang lebih utuh tentang teori belajar dan pembelajaran tersebut". Sekadar untuk memandu Anda dalam mengecek ketepatan latihan, disediakan rambu-rambu jawaban latihan yang dapat Anda gunakan pendapat pembanding. Di dalam latihan ini Anda akan diminta untuk melakukan berbagai pilihan kegiatan seperti refleksi atau renungan sendiri atau berdialog dengan mahasiswa lain, atau bertanya kepada tutor, atau mengakses informasi ke berbagai sumber belajar tercetak atau elektronik. Dengan cara itu pemahaman Anda tentang teori belajar tersebut akan lebih halus dan lebih luas.
3. Bacalah Rangkuman yang disediakan untuk memberikan ringkasan tentang aspek-aspek esensial dari setiap Kegiatan Belajar. Namun Anda juga diminta untuk membuat rangkuman yang menurut Anda merupakan inti dari kegiatan belajar tersebut.
4. Kerjakan Tes Formatif yang disediakan untuk mengecek seberapa jauh Anda mencapai tujuan pembelajaran setiap kegiatan belajar tanpa melihat Rambu-rambu jawaban yang disediakan.
5. Bila Anda merasa telah menjawab Tes Formatif dengan baik, bandingkanlah jawaban Anda tersebut dengan Rambu-rambu jawaban yang disediakan. Bila setelah dihitung ternyata Anda telah mencapai tingkat penguasaan sama atau lebih besar dari 80%, Anda dipersilakan untuk meneruskan ke Kegiatan Belajar berikutnya.
Bersambung...
Terima kasih atas waktunya untuk membaca Hakikat Belajar dan Pembelajaran | Teori Belajar dan Pembelajaran ini, dengan harapan semoga artikel Hakikat Belajar dan Pembelajaran | Teori Belajar dan Pembelajaran ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel Hakikat Belajar dan Pembelajaran | Teori Belajar dan Pembelajaran terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke eMakalah.com pada lain kesempatan

Artikel Terkait : Hakikat Belajar dan Pembelajaran | Teori Belajar dan Pembelajaran » Resume