Teori Belajar Behavioristik | Teori Belajar dan Pembelajaran

Teori Belajar Behavioristik
Prof. Dr. Paulina Pannen

PENDAHULUAN
Belajar merupakan proses bagi manusia untuk menguasai berbagai kompetensi, keterampilan dan sikap. Proses belajar dimulai sejak ' manusia masih bayi sampai sepanjang hayatnya. Kapasitas manusia untuk belajar merupakan karakteristik penting yang membedakan manusia dari makhluk hidup lainnya. Kajian tentang kapasitas manusia untuk belajar, terutama tentang bagaimana proses belajar terjadi pada manusia mempunyai sejarah panjang dan telah menghasilkan beragam teori. Salah satu teori belajar yang terkerial adalah teori belajar behavioristik (seeing diterjemahkan secara bebas sebagai teori perilaku atau teori tingkah laku).
Dalam modul ini, kita akan bersama-sama rriengkaji teori belajar behavioristik dari segi sejarahnya, hakikatnya, pandangan teori belajar behavioristik terhadap unsur-unsur belajar, dan model-model pembelajaran yang dapat dirancang berdasarkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam teori belajar behavioristik. Setelah Anda mempelajari modul ini Anda akan dapat menerapkan prinsip-prinsip teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Secara khusus, Anda akan dapat menjelaskan:
1. hakikat teori belajar behavioristik;
2. contoh pandangan teori belajar behavioristik terhadap unsur-unsur proses belajar;
3. cara merancang pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar behavioristik.
Teori belajar behavioristik merupakan teori belajar yang paling awal dikenal dan masih terus berkembang sampai sekarang. Praktek pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan oleh tenaga pengajac di seluruh dunia saat ini masih banyak berlandaskari pada teori belajar behavioristik. Boleh jadi, Anda pun secara tidak sadar sudah merancang dan melaksanakan pembelajaran Anda berlandaskan pada teori belajar behavioristik.
Pemahaman yang baik tentang teori belajar behavioristik akan dapat membantu Anda untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran Anda secara lebih sistematis dan ilmiah - berlandaskan kaidah ilmu, yaitu teori belajar behavioristik.
Terima kasih atas waktunya untuk membaca Teori Belajar Behavioristik | Teori Belajar dan Pembelajaran ini, dengan harapan semoga artikel Teori Belajar Behavioristik | Teori Belajar dan Pembelajaran ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel Teori Belajar Behavioristik | Teori Belajar dan Pembelajaran terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke eMakalah.com pada lain kesempatan

Artikel Terkait : Teori Belajar Behavioristik | Teori Belajar dan Pembelajaran » Resume