Selamat Datang di emakalah.com

Semoga Anda dapat menemukan apa yang anda cari,

dan semoga emakalah.com dapat bermanfaat bagi Anda

Untuk keluar dari menu/halaman ini silahkan klik LIKE / SUKA

..

Teori Belajar Kognitif | Teori Belajar dan Pembelajaran

Teori Belajar Kognitif
Dra. Dewi Andriyani, M.Pd

Menurut penganut paham behaviorisme, belajar merupakan suatu, perubahan perilaku yang dapat dilihat oleh mata dan dipengaruhi oleh adanya stimulus dan respons. Di lain pihak, ahli teori belajar kognitif memandang bahwa belajar bukan semata-mata proses perubahan tingkah laku syang tampak, melainkan sesuatu yang kompleks yang sangat dipengaruhi oleh kondisi mental siswa yang tidak tampak. Oleh karenanya, dalam pembelajaran di kelas seorang guru perlu memperhatikan kondisi siswa yang berhubungan dengan persepsi, perhatian, motivasi, dan lain-lain
Bagaimana menerapkan teori belajar kognitif dalam pembelajaran? Bila diamati, sistem pembelajaran yang berlaku saat ini banyak dipengaruhi oleh prinsip-prinsip belajar yang diturunkan dari teori belajar kognitif. Prin'sip-prinsip belajar tersebut adalah model "belajar penemuan" dari Bruner, "belajar bermakna" dari Ausubel, teori "perkembangan berpikir" dari Piaget, model "peristiwa pembelajaran" dari Robert Gagne, dan "belajar sosial" dari Bandura. Teori-teori ini berorientasi pada bagaimana membuat belajar menjadi bermakna.
Sehubungan dengan itu agar seorang guru dapat menyiapkan pembelajaran yang efektif dan efisien, serta dapat memecahkan berbagai permasalahan pembelajaran di kelasnya sesuai dengan prinsip-prinsip belajar maka mereka perlu mempelajari teori belajar kognitif ini.
Setelah mempelajari modul ini, Anda diharapkan dapat menerapkan prinsip dasar dan model teori belajar kognitif dalam pembelajaran di kelas. Secara lebih khusus, Anda diharapkan dapat:
1. menjelaskan prinsip dasar dan tujuan teori belajar kognitif;
2. menjelaskan pandangan teori belajar kognitif tentang 'jelajar;
3. menjelaskan model teori belajar Bruner;
4. menjelaskan prinsip belajar model Ausubel;
5. mengklasifikasikan dimensi belajar menurut Ausubel;
6. Menjelaskan hakikat dan kapasitas belajar menurut Robert Gagne;
7. Menjelaskan ragam dan fase-fase belajar menurut Gagne;
8. Menyebutkan sembilan peristiwa pembelajaran menurut Gagne
9. Menjelaskan teori "perkembangan intelektual" Jean Piaget;
10. Menjelaskan hakikat pengetahuan dan cara membentuknya.
Untuk memudahkan Anda mencapai tujuan tersebut maka materi ini diorganisasikan dalam 3 kegiatan belajar seperti berikut.
Kegiatan Belajar 1 : Prinsip Dasar dan Tujuan Teori Belajar Kognitif.
Kegiatan Belajar 2 : Model Teori Belajar Bruner dan Ausubel.
Kegiatan Belajar 3 : Model Pembelajaran Robert Gagne dan model
"Perkembangan Intelektual" Jean Piaget.

Pelajari setiap kegiatan belajar sesuai dengan tujuannya sampai Anda dapat memahami isinya. Setelah itu kerjakan latihan yang ada pada setiap kegiatan belajar, serta kerjakan pula tes formatifnya dengan baik.

Terima kasih atas waktunya untuk membaca Teori Belajar Kognitif | Teori Belajar dan Pembelajaran ini, dengan harapan semoga artikel Teori Belajar Kognitif | Teori Belajar dan Pembelajaran ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel Teori Belajar Kognitif | Teori Belajar dan Pembelajaran terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke eMakalah.com pada lain kesempatan

Artikel Terkait : Teori Belajar Kognitif | Teori Belajar dan Pembelajaran » Resume