MAKALAH BAHASA INDONESIA BAKU

MAKALAH BAHASA INDONESIA BAKU

KATA PENGANTAR


Bismillahirrohmanirohim
Segala puji bagi Allah SWT yang menguasai alam. Shlawat dan salam tetap tercurahkan kepada baginda Nabi Muhammad Saw dan segenap keluarga dan para sahabat, dan para pengikutnya. Besar syukur Allah SWT karena berkat rahmatnya dan hidayahnya kami dapat menyelesaikan makalah ini, menyusun makalah ini salah satu langkah kami untuk membahas tentang bahasa Indonsia. Sumber kami ini kamu ambil dari perspustakaan dan dari buku-buku lainnya, maka kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang mmebantu kami dalam penyusunan makalah ini dan kami pun berharap semoga makalh ini bermanfaat bagi para pembaca.
Kami menyadari bahwa dalam makalah ini masih terdapat kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, bagi para pembaca kami selaku kelompok 5 mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan makalah ini. Kepada semua pihak yang membantu demi kesempurnaan makalah ini kami ucapkan terima kasih. Semoga makalah ini benar-benar bermanfaat bagi mahasiswa/i.
Amin ya Robbal alamin


PENDAHULUAN


Dalam bahasa Indonesia dengan penuh kesungguhan hati semakin tinggi latihan ma’rifat akan semakin jelas dan berbagai hakikat akan tersingkap pada pengamatan indiriawi, dalam bahasa Indonesia diharapkan lebih serius dan kompherensif yang tentu saja di luar tujuan dan ruang lingkup karya kami ini, seperti yang ada di hadapan kita semua, akhir dengan kesederhanaan dan dengan kerendahan hati serta berharap karya kami ini tetap bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya dalam pencarian kita terhadap sebuah pandangan keilmuan yang lebih seimbang dengan Islam dan cocok dengan nilai-nilai budaya kita.

PEMBAHASAN


A. Kontruksi
Kontruksi atau kontruksi tata bahasa merupakan sisi yang mempunyai cacat pada ujaran atau tulisan. Kesalahan tersebut merupakan bagian-bagian konservasi yang menyimpang dari norma baku atau norma terpilih.
Penuimpangan atau kesalahan dalam tata bahasa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor :
1. Kesalahan yang disebabkan oleh faktor kelelahan, keletihan dan kurangnya perhatian.
2. Kesalahan yang diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai kaidah-kaidah bahasa.

B. Kontruksi Morfologi
Kontruksi morfologi adalah kontruksi memakai bahasa disebabkan salah memiliki afiks, salah menggunakan kata ulang, salah menyusun kata majemuk dan salah memiliki bentuk kata.
Contoh :
- Banyak pelajar-pelajar baris-baris di tanah lapang itu.
- Saya lebih baik berpulang daripada meninggal disini.
- Gerakan tanganmu dengan gerakan silat.
Yang seharusnya :
- Banyak pelajar berbaris ditanah lapang itu.
- Saya lebih baik pulang daripada tinggal disini.
- Gerakan tanganmu dengan gerakan silat.
Penyimpangan morfologi juga sering terjadi pada judul berita surat kabar yang memakai kalimat aktif, yaitu pemakaian kata kerja tsk baku dengan menghilangkan afiks. Afiks pada kata kerja yang berupa prefik.

C. Kontruksi Sintaksis
Kontruksi sintaksis adalah kontruksi atau penyimpangan stuktur frasa, klausa, atau kalimat serta ketidaktepatan pemakaian partikel.
Contoh :
- Latihan bernyanyi diadakan sekali setiap minggu.
- Sampai bertemu lagi di lain kesempatan.
Yang seharusnya :
- Latihan bernyanyi diadakan Latihan bernyanyi diadakan sekali minggu.
- Latihan bernyanyi diadakan setiap minggu.

D. Kontruksi Leksikon
Kontruksi leksikon adalah kontruksi memakai kata yang tidak atau kurang tepat.
Contoh :
Demikianlah agar Anda maklum, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
Yang seharusnya :
Demikianlah agar Anda maklum, dan atas perhatian Anda saya ucapkan terima kasih.
Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
Terima kasih atas waktunya untuk membaca MAKALAH BAHASA INDONESIA BAKU ini, dengan harapan semoga artikel MAKALAH BAHASA INDONESIA BAKU ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel MAKALAH BAHASA INDONESIA BAKU terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke eMakalah.com pada lain kesempatan

Artikel Terkait : MAKALAH BAHASA INDONESIA BAKU » Makalah