MAKALAH HADIST TARBAWI tentang “WANITA KURANG IMAN DAN KURANG TAAT”


MAKALAH HADIST TARBAWI tentang “WANITA KURANG IMAN DAN KURANG TAAT”


KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur dipersembahkan kehadirat Allah SWT atas nikmat taufik dan pengetahuan yang diberikan sehingga penulisan makalah ini dapat diselesaikan.
Dengan selesainya makalh ini penulis mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberi dukungan demi terselenggaranya pembuatan makalah ini.
Dengan menyadari kemungkinan kesalahan dan kekurangan dalam makalah ini penulisa dengan senang hati mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak gina penyempurnaan makalah ini.





Penulis

DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 1
B. Tujuan 1
A. Hadist dan Artinya 2
BAB III PENUTUP 4
A. Kesimpulan 4
B. Saran 4
DAFTAR PUSTAKA 5

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Agama merupakan rhmat bagi kita umat manusia. Kita sebagai penganut agama Islam dituntut untuk mengetahui segala hal yang berkaitan dengan agama Islam. Termasuk juga hadist yang dalam hal ini merupakan tuntunan ke-2 setelah al-Qur’an.

B. Tujuan
Untuk mengenali hukum-hukum dan menambah pengetahuan bagi kita umat Islam.


BAB II
PEMBAHASAN

A. Hadist dan Artinya
Dari 'Abdullah bin 'Umar r.a., dari Rasulullah saw., sabdanya: "Wahai, kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan banyak-banyaklah istighfar (mohon ampun). Karena aku melihat, kebanyakan isi neraka ialah kaum wanita." Seorang wanita yang cerdas lantas bertanya: "Apa kesalahan kami, ya Rasulullah, makanya kami keba¬nyakan penghuni neraka?" 7awab Rasulullah saw., "Kaum wanita suka memaki dan memungkiri jasa suami. Aku tidak melihat orang yang kurang akal dan kurang agamanya, yang me¬lebihi daripada kamu sekalian (kaum wanita)." Wanita tadi bertanya pula,




Dari Abu Hurairah r.a., kata¬nya Rasulullah saw. bersabda: "Apabila anak Adam membaca ayat sajdah, lalu dia sujud; maka setan jatuh sambil menangis. Katanya, "Ce¬laka aku! Anak Adam disuruh sujud, maka dia sujud, lalu mendapat surga. Aku disuruh sujud, tetapi aku me¬nolak, maka untukku neraka."






61. Islam menjunjung tinggi kaum wanita dan memerintahkan kaum wanita untuk memperbanyak istigfar karena telah di katakan bahwa nereaka mayoritas disisi oleh kaum wanita.
Hal yang menyebabkan wanita lebih banyak masuk neraka adalah:
1. Kurang akal
Hal ini yang menyebabkan wanita lebih dominan masuk neraka juga dapat dibuktikan dengan dua orang saksi wanita sama dengan satu orang laki-laki hal ini membuktikan bahwa wanita dikatakan kurang akal
2. Kurang agama
Seorang wanita tidak luput dari masa udzur, maka dari itu wanita tidak dapat menjalankan ibadahnya dengan sempurna, contohnya wanita tidak dapat shalat dan puasa.

62. Barang siapa yang mendengarkan ayat sajadah maka hendaklah ia bersujud, pada ayat ini dijelaskan bahwa anak adam bersujud setelah membaca ayat sajadah maka ia masuk surga.
Berbeda dengan setan yang pungkir terhadap perintah Allah. Ia tidak mau sujud pada saat ada perintah maka setan pun masuk kedalam neraka.


BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Dari hasil pemaparan makalah ini maka dapat di ambil kesimpulan bahwa adanya perintah kepada wanita untuk memprbanyak istghfar di karenakan karena :
1. wanita kurang akal
2. wanita kurang agama

B. Saran
Dengan selesainya makalah ini kami maka penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak terutama kepada dosen pembimbing guna menyempurnakan makalah yang telah penulis buat.

DAFTAR PUSTAKA

Muslim, Al-Iman. Terjemahan Hadist Shahih
Muslim. Klang Book Centre. Selangor, Malaysia. 1995.
Terima kasih atas waktunya untuk membaca MAKALAH HADIST TARBAWI tentang “WANITA KURANG IMAN DAN KURANG TAAT” ini, dengan harapan semoga artikel MAKALAH HADIST TARBAWI tentang “WANITA KURANG IMAN DAN KURANG TAAT” ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel MAKALAH HADIST TARBAWI tentang “WANITA KURANG IMAN DAN KURANG TAAT” terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke eMakalah.com pada lain kesempatan

Artikel Terkait : MAKALAH HADIST TARBAWI tentang “WANITA KURANG IMAN DAN KURANG TAAT” » Makalah

eMakalah.com