MAKALAH PENGANTAR BISNIS


MAKALAH PENGANTAR BISNIS
“DIVA TAILOR”


KATA PENGANTAR


Puji sykur kehadirat Allah SWT. Berkat rahmat dan hidayahnya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah pada mata kuliah Pengantar Bisnis yang berjudul “Diva Tailor” semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi kita dalam mendirikan atau menjalankan suatu bisnis yang akan kita laksanakan.
Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.





Penulis

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN 1
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Tujuan Penulis 1
BAB II PEMBAHASAN 2
2.1 Perkiraan Atas Lingkungan Bisnis 2
a. Lingkungan Ekonomi 2
b. Lingkungan Sosial/Budaya 2
2.2 Rencana Organisasi Dalam Manajemen 3
a. Bentuk Organisasi 3
b. Mengelola Karyawan 3
c. Rencana Produksi 3
2.3 Rencana Pemasaran 4
a. Target Pasar 4
b. Karakteristik Produk 4
c. Penentuan Harga 4
d. Distribusi 4
e. Promosi 5
2.4 Rencana Keuangan 5
a. Sumber Dana 5
b. Alokasi Dana 5
c. Proyeksi Rugi/Laba 6


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Kebahagiaan merupakan tujuan utama kehidupan manusia, manusia akan memperoleh kebahagiaan ketika seluruh kebutuhan dan keinginannya terpenuhi baik dalam aspek material maupun spiritual dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Terpenuhnya kebutuhan manusia yang bersifat material seperti sandang, sandang merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus terpenuhi.
Dewasa ini manusia dalam memenuhi kebutuhannya terutama busana pastinya perlu mamiliki model, ukurannya agar terasa nyaman waktu di pakai. Sering kita jumpai mungkin diri kita sendiri dalam membeli pakaian di pasar terkadang tanpa kita sadari ternyata kebesaran atau kekecilan dan akhirnya timbul rasa penyesalan.
Untuk itu dalam mengatasi hal seperti ini kami terdorong untuk membuka bisnis “Menjahit” yang nantinya akan mempermudah memenuhi keinginan manusia dalam berbusana secara maksimal dan lebih mudah mendapatkan model-model atau ukuran yang mereka inginkan karena sebelumnya kita mengukur tubuh dan mempersilahkan konsumen dalam memilih model yang mereka inginkan.

1.2 Tujuan Penulis
Dengan adanya penulisan makalah ini kami bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mendirikan bisnis dengan cara-cara yang kita bahas dalam makalah ini

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Perkiraan Atas Lingkungan Bisnis
Dalam usaha bisnis tentunya kita menyesuaikan dengan keadaan, situasi dan kondisi yang ada di sekitar masyarakat tersebut sehingga membawa dampak positif terhadap lingkungan ekonomi dan sosial budaya kita, karena letak dan kedudukan suatu bisnis erat hubungannya dengan efesiensi kegiatan operasi bisnis yang memungkinkan tercapai tujuan akhir yaitu memaksimumkan laba, sehingga kami terlebih dahulu telah mempertimbangkan ketepatan usaha kami dari dua segi yaitu:
a. Lingkungan Ekonomi
Tempat atau lokasi usaha yang akan kami dirikan merupakan lokasi yang sangat strategis dari sisi ekonomi yang memadai dan terletak di daerah yang padat penduduknya dan pesaing usaha yang masih sedikit, sehingga membawa dampak yang positif yaitu :
a. Mempermudah masyarakat dalam menentukan model busana yang diinginkan
b. Mempermudah masyarakat dalam menentukan ukuran postur tubuh yang diinginkan
b. Lingkungan Sosial/Budaya
Kami sebagai pengusaha buru, mempertimbangkan dampak dari lingkungan sosial/budaya terhadap lingkungan di sekitar kami, yakni:
1. Dalam menjalankan usaha ini tidak mengganggu aktivitas masyarakat sekitar
2. Selalu mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi, maksudnya disini ikut serta kegiatan dalam masyarakat, tidak hanya sibuk dengan bisnisnya


2.2 Rencana Organisasi Dalam Manajemen
a. Bentuk Organisasi
Kami menyadari bahwa suatu bisnis tidak akan bisa berjalan lancar bila berdiri sendiri, sehingga saya dalam bisnis ini memerlukan 1 atau 2 karyawan untuk membantu kelancaran kerja saya agar tercapai tujuan yang maksimal dan cepat terselesaikan.
b. Mengelola Karyawan
Dalam pekerjaan ini saya sangat membutuhkan karyawan demi kelancaran pekerjaan ini maka dalam hal penerimaan karyawan yang kami butuhkan adalah mempunyai rasa tanggung jawab dalam pekerjaan, mempunyai pengalaman dalam menjahit, teliti dan bisa membedakan antara kepentingan umum dari pada pribadinya.
Mengenai upah akan kami bayarkan setiap bulan, karena karyawan adalah asset bagi suatu usaha. Apabila karyawan tersebut bertanggung jawab, bekerja dengan baik dan bisa mendapatkan pelanggan-pelanggan tetap atau baru lebih banyak maka kami akan memberi bonus setiap bulannya.
Dari segi Pengoperasionalnya manajemen ini bersifat terbuka, kekeluargaan dan kebersamaan antara pemilik dan karyawannya agar sama-sama bekerja sama dan tanggung jawab menjalankan bisnis ini.
c. Rencana Produksi
Usaha yang kami jalani ini bergerak dalam bidang penyediaan jasa yakni suatu kegiatan yang memberikan pelayanan jasa dalam membantu manusia dalam memenuhi kebutuhannya dengan menyalurkan ide-ide baru dalam menentukan model busana yang mereka inginkan, membuat seragam Sekolah, seragam Dinas dan lain-lain.


2.3 Rencana Pemasaran
a. Target Pasar
Dalam usaha yang akan kami buka ini target sasarannya adalah masyarakat, pelajar, dan pegawai-pegawai karena selain membuat busana-busana kami juga membuat baju-baju sekolah, dan baju kerja.
b. Karakteristik Produk
Usaha jasa yang akan kami tawarkan ini adalah berupa pembuatan busana yang konsumen inginkan dengan menyediakan bahan-bahan pakaian yang belum jadi, dan model-model yang kami sediakan dengan bebas konsumen memilih model bahan seperti warna dan model-model yang akan dibuat.
c. Penentuan Harga
Bisnis jahit ini sudah populer di kota maupun di pelosok desa. Dalam menentukan harga kami titik beratkan pada model dan bahan yang mereka inginkan semakin susah model yang di buat, semakin bagus bahan yang dipilih dan semakin panjang bahan yang dibutuhkan maka semakin mahal harga yang harus dibayar.
Contohnya :
 Harga bahan/meter yang biasa Rp. 15.000
 Harga bahan/meter yang bagus Rp. 20.000
 Ongkos jahit dalam 1 stel Rp. 50.000 (model biasa)
 Ongkos jahit dalam 1 stel Rp. 70.000 (model bahan kebaya)
Selain itu kemungkinan ada konsumen yang hanya ingin memasang resleting dan pemotongan celana harga yang di tentukan minimal Rp. 7.000.
d. Distribusi
Sistem distribusi yang kami tekankan untuk mencapai kesuksesan dan menarik pelanggan yang lebih banyak dengan cara memuaskan pelanggan dengan hasil yang maksimal contohnya : Hasil jahitannya rapi, Model sesuai dengan apa yang di inginkan konsumen.
Disini sistem pemasaran yang kami tawarkan bersifat cepat dimana bahan-bahan dan peralatan sudah ada jadi minimal dalam 3 hari busana sudah jadi tapi apabila tidak ada banyak pesanan.
e. Promosi
Sebagaimana kita ketahui dalam menjalankan bisnis pastinya banyak pesaing-pesaing, kami dalam mempromosikan bisnis ini dengan menggunakan teknik promosi melalui Papan Nama atau Pemasangan Iklan melalui radio, koran dan lain-lain. Dan memberikan diskon bagi konsumen yang menjahitkan busana lebih dari 2 stel.

2.4 Rencana Keuangan
a. Sumber Dana
Sumber dana yang kami peroleh atas kerja sama dengan keluarga dan hasil tabungan pribadi, sehingga dapat terkumpul dan sebesar Rp. 7.000.000 yang akan kami gunakan untuk keperluan usaha ini seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini sebagai berikut:
b. Alokasi Dana
Pengalokasian dana adalah sebagai berikut :
1. 2 unit mesin jahit dengan harga Rp. 900.000/unit Rp. 1.800.000
2. 1 unit mesin obras Rp. 1.000.000
3. Bahan pakaian Rp. 2.000.000
4. Perlengkapan (benang, jarum, kancing, dll) Rp. 1.000.000
Jumlah Rp. 5.800.000
Dari data diatas maka terdapat sisa modal, sisa ini akan di simpan sebagai dana cadangan apabila terjadi penambahan dana untuk membeli keperluan yang mendadak.
c. Proyeksi Rugi/Laba
Untuk memproyeksi laba atau rugi usaha itu, kami hitung dari pendapatan perharinya yang dapat di prediksikan sebagai berikut:
Target pendapatan 3 stel busana model biasa X per stel 1 ongkos jahit Rp. 70.000 = Rp. 210.000
Dan pendapatan perbulan Rp. 210.000 x 30 = Rp. 6.300.000 sehingga kita dapat mengetahui untung atau rugi perusahaan ini dengan merencanakan pengeluaran perbulannya:
- Pemasukkan/bulan Rp. 6.300.000
Pengeluaran/bulan meliputi
- Pembelian bahan perlengkapan lainnya Rp. 2.000.000
- Gaji karyawan (2 orang ) Rp. 600.000
Rp. 3.700.000
Dari data diatas terlihat berapa besar keuntungan yang kami dapat perbulannya, dari keuntungan itu sebagian kami tabung, dan sebagian untuk menambah keperluan/menambah perlengkapan dalam bisnis ini atau untuk dana cadangan apabila terjadi kerusakan pada mesin jahit yang kami gunakan.
Terima kasih atas waktunya untuk membaca MAKALAH PENGANTAR BISNIS ini, dengan harapan semoga artikel MAKALAH PENGANTAR BISNIS ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel MAKALAH PENGANTAR BISNIS terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke eMakalah.com pada lain kesempatan

Artikel Terkait : MAKALAH PENGANTAR BISNIS » Makalah

eMakalah.com