CONTOH LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

CONTOH LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

KATA PENGANTAR

Assalamu’ alaikum. Wr.wb.

Puji syukur penulis panjatka kehadirat allah SWT, tuhan semesta alam, karena berkat rahmat dan karunia nya penulisa dapat menyelesaikan laporan praktek kerja lapangan dengan judul “ANALISIS PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN DALAM MENUNJANG KEGIATAN PEMASARAN DI USAHA DODOL KENTANG” karya ilmia ini penulis selesaikan untukl memenuhi salah satu persyaratan guna memperoleh gelar ahli madya pada Program Diploma III Pemasaran Fakultas Ekonosmi Universitas Jambi.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan ribuan terimakasi yang tiada hingga kepada :
1. Bapak
2. Bapak
3. Bapak
4. Bapak
5. Bapak
6. Bapak
7. Bapak
8. Bapak

Akhir kata, trada budaya manusia yang sempurna penulis menyadari sepenuhnya isi laporan ini tidak luput dari kekeliruan dan kekurangan, namun harapan penulisa semoga laporan ini bermanfaat bagi yang memerlukan, atas bantuan semua pihak semoga amalnya mendapat balasan dan pahala dari allah SWT amin.
Wassalamu’ alaikum. Wr.wb.



Penulis

RINGKASAN


Analisis pemanpaatan sistem informasi Pemasaran Dalam Menunjang Kegiatan Pemasaran Di Usaha Dodol Kentang.

Pembimbing : …………………..

Praktek kerja lapangan (PKL) ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan pemasaran usaha dodol kentang putri pancuran tujuh di ………………… pendekatan yang dilakukan adalah melalui magang yang pelaksanaannya dimulai dari tanggal …………. dan berakhir hingga tanggal …………... obek utama praktek kerja lapangan adalah bagaimana proses kegiatan pemasarannya dalam pembuatan dodol kentang ini.
Metode praktek kerja lapangan yang dilakuakan selama satu setengah bulan pada usaha pembuatan dodol kentang DI ............................, tentang system informasi pemasaran dalam menunjang kegiatan pemasaran.
Organisasi pada usaha dodol kentang puri pancuran tuju ini terdiri dari pemilik dan karyawan nya. Mereka ini lah yang mengelola dan membuat agar dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan yang ditetapkan bersama.
Pelaksanaan kegiatan pembuatan pada usaha dodol DI ............................, merupakan tanggung jawab bersama yang pelaksanaannya dilimpahkan kepada karyawan.



DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN

I.I. Latar Belakang
Indonesia merupakan sebagai negara yang kaya akan makanan sehingga memungkinkan banyaknya jenis-jenis makanan bahkan beraneka ragam makanan yang ada di Indonesia banyak diantaranya makanan khas Indonesia.
Kebutuhan makanan sangat tergantung pada kondisi masyarakat suatu daerah, semakin tinggi tingkat pengetahuan dan pengalaman semakin tinggi pula pemahaman tentang manfaat makanan bagi kehidupan masyarakat.
Kegiatan yang dilakuka seperti ini dapat memberikan penngaruh positif serta memberikan nilai tambah pada perekonomian keluarga.
Untuk jenis usaha yang bergerak dibidang usaha dodol kentang yang terdapat disekitar desa ………………….. terdiri dari 7 unit usaha sebagai berikut :
1. Usaha dodol kentang putri pancuran tujuh
2. Usaha dodol kentang kayo
3. Usaha dodol kentang putri bungsu
4. Usaha dodol kentang putri kerinci
5. Usaha dodol kentang putrid granola
6. Usaha dodol kentang delima
7. Usaha dodol kentang permata

Makanan khas dodol kentang ini merupakan makanan yang mempunyai nilai tinggi dan bermacam-macam aneka ragam rasa, disamping itu juga mempunyai nilai ekonomis untuk kebutuhan keperluan sebagai makanan kecil-kecilan, karena mengandung arti ekonomis makanan ini pun dapat diusahakan menjadi suatu bisnis yang sangat menjadikan keuntungan yang besar.
Usaha dodol kentang yang bertempat DI ............................ ini merupakan usaha perorangan yang dipimpin oleh Ibu Etiermita A.md. yang sekali gus sebagai pemilik usaha dodol kentang putri pancuran tujuh. Usaha dodol kentang ini didirikan pada tahun 1992 hingga 2008 sekarang.

1.2. Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Adapun tujuan praktek kerja lapangan ini adalah sabagai berikut :
1. Untuk mempelajari bagaimana cara pemanpaatan sistem informasi pemasaran dalam menunjang kegiatan pemasaran di usaha dodol kentang putri pancuran tujuh desa ………………….
2. Mempelajari bagaimana cara pelaksanaan dan fungsi yang diterapkan pada usaha dodol kentang putri pancuran tujuh DI ............................ kabupaten kearinci.

1.3. Kegunaan Praktek Kerja Lapangan
Adapun manfaat/kegunaan praktek kerja lapangan ini adalah sabagai berikut :
1. Sebagai salah satu persyaratan untuk menyelesaikan studi pada Program Diploma III Pemasaran Fakultas Ekonomi Unversitas Jambi.
2. Menambah pengetahuan serta keterampilan didalam bidang ekkonomi pemasaran.
3. Sebagai bahan masukan bagi mahasiswa/ : khususnya yang melakukan praktek kerja lapangan dengan topik yang sejenis dimasa yang akan datang.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1. Definisi-definisi
1. Menurut Kotler (2002)
Pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
2. Menurut Stanton W.J. (1996)
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen potensial.
3. Menurut Kofler (1997)
Sistem informasi pemasaran terdiri dari orang-orang, peralatan, dan prosedur-prosedur untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi dengan tepat waktu, akurat, dan dibutuhkan kepada pembuat keputusan.
4. Menurut Kotler (1996)
Sistem informasi pemasaran adalah suatu sistem berbasis computer yang bekerja sama dengan sistem informasi fungsioanal lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk perusahaan.
5. Menurut Stanton W.J (1996)
Sistem informasi pemasaran adalah suatu strutur yang terdiri dari prosedur, perlengkapan, dan manusaia yang saling berkaitan, berkesenambunngan (contiving) dan berorentasi kemasa depan.
6. Menurut Gordon (1993)
Data adalah bahan baku informasi difiniskan sebagai kelompok teratur simbol-simbol yang mewakli kuantitas, tindakan, benda, dan sebagainya yang terbentuk dari karakter yang dapat berupa alfabet, angka, maupun simbol khusus.
7. Menurut Gordon (1993)
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang.

2.2. Kerangka Teoritis
Menurut kotler (2002). Pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
Berikut ini berapa kekuatan lingkungan serta hubungannya dengan manajemen informasi.
- Makin berkurangnya tentag waktu yang disediakan bagi para axsekutif untuk mengambil keputusan.
- Bidang kegiatan pemasaran yang semakin rumit dan luas.
- Berkurangnya energi-energi bahan baku lainnya.
- Ketidak pastian konsumen makin berkembang lebih intensif.


BAB III
METODE PRAKTEK KERJA LAPANGAN


3.1. Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan maka pengumpulan data dan informasi pemasaran tersebut dilakukan sebagai berikut :
1. Penelitian Kepustakaan (Library research)
` Yaitu pengumpulan data skunder dari buku-buku, hasil penelitian, laporan-laporan dan artikel-artikel yang ada relevansinya dengan masalah yang teliti.
2. Penelitian Lapangan (Field research)
Yaitu pengumpulan data parimer dengan cara pengamatan langsung kelapangan.
untuk memperoleh informaasi dan metode yang digunakan adalah sebagai berikut :
- Metode Observasi
Yaitu pengamatan langsung kelapangan dengan meninjau mengamati, dan mencatat hal-hal yang ada relevansinya dengan obyek yang teliti
- Metode Wawancara
Yaitu dengan mengadakan wawancara dengan pimpinan dan karyawan dalam usaha untuk medapat data yang ada kaitannya dengan masalah penelitian ini.

3.2. Jenis Dan Sumber Data
3.2.1. Jenis data
1. Data Primer
Data primer adalah data yang diperoleh sebagai hasil penelitian lapangan baik observasi maupun wawancara. Data-data yang ini adalah data yang tidak dapat diperoleh dari publikasi-publikasi atau laporan-laporan yang telah dibuat oleh usaha.
2. Data Skunder
Data skunder adalah data yang diperoleh sebagai hasil penelitan pustaka, data-data tersebut adalah konsep-konsep tentang sistem informasi pemasaran yang ditulis orang dalam buku-buku, karya ilmiah, majalah dan laporan-laporan mengenai pemasaran yang telah dipublikasikan atau yang ada diperpustakaan.

2.2.2. Sumber Data
Data untuk penelitian ini berasal dari usaha dodol kentang putri pancuaran tujuh DI ............................ dan beberapa skripsi dari perpustakaan fakultas ekonomi universitas jambi

3.2.3. Metode Analisis Data
Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif. Data-data ditampilkan secara deskriptif analisa dan kesimpulan adalah kualitatif.

3.2.4. Lokasi Daan Waktu Penelitian
Melaksanakan penelitian diusaha dodol kentang putri pancuran tuju DI ............................ waktu penelitian dilaksanakan sejak bulan
Terima kasih atas waktunya untuk membaca CONTOH LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN ini, dengan harapan semoga artikel CONTOH LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel CONTOH LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke eMakalah.com pada lain kesempatan

Artikel Terkait : CONTOH LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN » Laporan